Pemasangan Sel Surya Efisiensi Tinggi untuk Lampu Jalan dan Bangunan Serba Guna pada Desa Binaan ITB di Dusun Pangli Kabupaten Bandung Barat (Periode Penelitian: April-Nopember 2014)

Energi matahari merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang potensial dalam upaya mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil. Indonesia memiliki intensitas iradiasi matahari rata-rata sebesar 4,5 kWh/m2/hari di bagian Indonesia barat dan 5,1 kWh/m2/hari di bagian Indonesia timur.

Salah satu masalah dari penggunaan sel surya / photo voltaic (PV) adalah turunnya efisiensi sel surya sebesar 0.4-0.5%/℃, pada temperatur tinggi. Gambar 1 menunjukkan penurunan daya dan efisiensi sel surya akibat kenaikan temperatur [Malik, 2010]. Pada beberapa penelitian sebelumnya, telah digunakan sistem pendingin panel surya menggunakan bahan berubah fasa (Phase Change Material – PCM) dan air untuk menaikkan efisiensi sel surya.

Dusun Pangli terletak di daerah utara Kota Bandung, tepatnya di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kab. Bandung Barat. Dusun Pangli merupakan desa mitra Himpunan Mahasiswa Mesin ITB sejak tahun 2011. Pada tahun 2012, HMM telah membangun sebuah bangunan serba guna berukuran 4×6 m2, namun belum dialiri listrik (lihat Gambar 2). Selain itu, jalan utama dan MCK umum Dusun Pangli juga belum dilengkapi dengan lampu penerangan jalan.

Pemasangan-Sel-Surya-Efisiensi-Tinggi-untuk-Lampu-Jalan-dan-Bangunan-Serba-Guna-pada-Desa-Binaan-ITB-di-Dusun-Pangli-Kabupaten-Bandung-Barat

Berita Terkait