Orasi Ilmiah Prof. Priyono Soetikno: Mendorong Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia

Orasi Ilmiah Prof. Priyono Soetikno dilakukan di Aula Barat, Institut Teknologi Bandung pada Hari Sabtu, tanggal 29 September 2018

Prof. Priyono mengangkat tema yaitu “Mendorong Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia”

Adapun intisari dari orasi ilmiah beliau adalah sebagai berikut:

Indonesia adalah negara kepulauan dengan lebih dari 50 % penduduknya hidup di pedesaan. Pemanfaatan potensi energi EBT lokal selayaknya ditingkatkan baik dalam skala kecil maupun menengah  untuk mendorong kemajuan serta kesejahteraan masyarakat setempat, dimana sumber kehidupan seperti air, energi, dan pangan harus dikelola dengan baik. Demikian pula lingkungan hidup harus dipelihara agar sumber dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan.

Penerapan Standard, Sertifikasi, dan Kompetensi harus dilakukan untuk menjaga kualitas produk serta keamanan operasi. EBT in situ terutama energi matahari, angin, dan biomassa jika dikonversikan menjadi energi final listrik membutuhkan peralatan kontrol berupa Smart Grid. Konversi energi dari biomassa dapat menggunakan mesin pembakaran luar untuk mendapatkan efisiensi yang tinggi.

Sesuai dengan komitmen untuk mengurangin emisi CO2, diperlukan peralatan Carbon Capture and Storage untuk pembangkit berbahan bakar biomassa. PLTM/MH merupakan pembangkit EBT yang netral CO2 namun daerah tangkapan air dan hutan perlu dijaga  lingkungan disekitar daerah tersebut perlu dilestarikan.

 

 

Video lengkap pemaparan orasi ilmiah akan segera diunggah melalui channel youtube : Institut Teknologi Bandung

 

 

 

Berita Terkait